Sejarah Bahasa C++

0



Bahasa C++ merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C. C merupakan hasil dari proses pengembangan  dari BCPL (Basic Combined Programming Language) dan B. BCPL diciptakan oleh Martin Richard, dan mempengaruhi bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thomson.
  • 1970 Bahasa B dikembangkan menjadi bahasa C. 
  • 1972 Bahasa C++ diimplementasikan untuk pertama kalinya di komputer DEC PDP-11.
  • 1980 Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C ® C++.
  • 1983 Didirikan sebuah komite untuk menciptakan ANSI standar untuk bahasa C. (yang dipakai pada Desember 1989). 
  • 1989 Dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards institute (ANSI).

Bjarne Stroustrup Pembuat C++
Bahasa C dan C++ merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia perangkat lunak. Kedua bahasa ini digolongkan ke dalam bahasa tingkat menengah (middle level language).
Menurut Bjarne Stroustrup, alasan mengapa C diambil sebagai bahasa dasar dari pembentukan bahasa C++ adalah sebagai berikut :
  • Dapat dihubungkan dengan bahasa tingkat rendah
  • Berjalan di manapun dan untuk masalah apapun 
  • Berjalan dalam Sistem Operasi UNIX


Pada awalnya C++ diberi nama “A better C”. Nama C++ sendiri diberinama oleh Rick Mascitti. Keistimewaan C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP (Object Oriented Programming). Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi.



 Program C++

Program C++ dapat dibuat menggunakan sebarang editor teks maupun editor sekaligus compilernya. Program utama berekstensi (.CPP). Pada saat kompilasi program utama bersama dengan file header (.h) akan diterjemahkan oleh compiler menjadi file obyek (.OBJ). Selanjutnya file obyek ini bersama-sama dengan file obyek lain dan file library (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya adalah file (.EXE) executable.


Compiler C++
Turbo C++ merupakan salah satu kompiler C++ dengan IDE yang terintegrasi buatan Borland, terkenal karena kecepatannya dalam kompilasi dan lingking – karena itu diistilahkan dengan “Turbo”. Turbo C++ merupakan suksesor dari Turbo C yang merupakan pengembangan lebih lanjut dalam keseragaman tata cara dalam kompiler seperti halnya cara yang terdapat pada Turbo Pascal 5.5 dalam menambahkan fungsionalitas object pada versi-versi Turbo Pascal sebelumnya. Namun tidak seperti halnya Turbo Pascal, Turbo C++ senantiasa mengikuti dan mempertahankan standar-standar yang berlaku pada bahasa C++.


Salah Satu compiler C++

Turbo C++ membebaskan programmer dari keharusan menuliskan program yang rumit, sebab berbasis pemrograman berorientasi objek (OOP, Object Oriented Programming). Hal ini memungkinkan program lebih cepat dikembangkan.
Pada akhirnya Turbo C++ digantikan oleh Borland C++ yang lebih lengkap dan kaya akan fitur, namun pada akhirnya menghilangkan fitur yang menjadi kesuksesan jajaran produk Turbo, seperti kecepatan kompilasi dan fasilits dari IDE yang sangat baik. Turbo C++ v1.01 for DOS saat ini didistribusikan secara gratis oleh Borland, dan bisa didonwload dari website mereka sebagai software antik.



Klink link dibawah ini untuk mendownload document ini
Sejarah Bahasa Pemrograman C++ << Indowebster

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting