untuk mengatur tampilan data pada layar ataupun
memasukkan data dari keyboard. fasilitas ini merupakan pengembangan dari
DISPLAY format ke dua dan ACCEPT format kedua. SCREEN SECTION merupakan seksi
terakhir dalam DATA DIVISION.
08 SCREEN SECTION.
08 Level-number [nama-layar]
12 [ BLANK SCREEN/LINE ]
12 [ LINE [PLUS] integer-1]
12 [COLUM [PLUS] integer-2]
12 [BELL]
12 [{UNDERLINE/REVERSE
VIDEO/HIGHLIGH/BLINK}]
12 [BLANK WHEN ZERO]
12 [PICTURE/PIC
{TO,FROM,USING} data]
12 [With
Left-Justify/Right-Justify]
12 [AUTO]
12 [SECURE]
12 [REQUIRED]
12 [FULL]
·
Blank Screen Clause
Digunakan untuk membersihkan
layar dan menempatkan cursor pada posisi kiri atas ( baris1, kolom1 ).
Contoh :
Output :
·
Line 2
Merupakan penjelasan bahwa screen
item diletakan pada baris nomor 2.
·
Line Plus 2
Menyatakan bahwa screen item
ditempatkan 2 baris terhadap baris dari screen item sebelumnya.
·
Column clause
Klausa ini dipakai untuk
menentukan letak kolom dari screen item.
·
Column Plus clause
penempatan kolom bersifat relatif
terhadap posisi akhir kursor dari screen item sebelumnya.
·
Bell clause
Digunakan untuk menimbulkan suara
bel.
·
BLINK clause
Untuk membuat screen item
ditamplikan dalam keadaan berkedip.
·
Highlight clause
Untuk mengatur screen item agar
ditampilkan dengan intensitas tinggi (terang).
·
Reverse-Video clause
Untuk membuat screen item
ditampilkan dalam keadaan video terbalik (warna tulisan hitam dan latar
belakang putih).
·
Underline clause
Untuk menampilkan tulisan yang
digarisbawahi ( Hanya berlaku untuk monitor monochrome )
Contoh Program dari Penggunaan Klause Line –
Underline :
Output :
·
Blank When Zero clause
Digunakan untuk menampilkan spasi
(blank) bila suatu data numeric mengandung nilai 0.
Contoh Program :
Output :
·
Picture atau Pic
Digunakan untuk menjabarkan
panjang, karakteristik dan bentuk editing dari screen item.
Terdapat 3 jenis Phrase untuk
clause ini, yaitu :
o From
Untuk menampilkan data dari item
yand didefinisikan pada WORKING-STORAGE SECTION.
Contoh Program sama seperti
contoh dari Blank When Zero Clause.
o To
Untuk keperluan memasukkan data
yang berasal dari keyboard ke suatu item.
Contoh Program :
Output :
o Using
Bentuk sederhana dari phrase From
dan TO.
Contoh :
Output :
nilai awal ditampilkan dulu dan
kemudian operator bisa mengubahnya melalui keyboard
·
Left-Justify
Hanya sebagai dokumentasi yang
menyatakan pengaturan rata kiri.
·
Right-Justify
Dipakai Untuk melakukan
pengaturan rata kanan terhadap data non-numerik.
Contoh Program Left dan Right
Justify
Output :
·
Required Clause
Clause ini memberikan efek harus
ada data yang dimasukkan saat operasi ACCEPT berlangsung.
·
Full Clause
Clause ini menyebabkan data yang
dimasukkan harus sesuai dengan panjang string-karakter pada PIC dalam SCREEN
SECTION
·
Secure Clause
Menyebkan data yang diketik
melalui keyboard tak ditampakkan pada layar.
·
Auto Clause
Clause ini secara otomatis akan
mengakhiri operasi ACCEPT ( tanpa harus menekan tombol seperti ENTER ) kalau
data yang dimasukkan sudah penuh.
Contoh Program dari Required
sampai Auto :
Output :
0 comments:
Post a Comment